Saat berusaha bersaing untuk memperoleh ranking tinggi dalam Google search, banyak website merujuk pada Google Search Console (GSC). Bagi Anda yang tidak tahu,Google Search Console adalah tool gratis yang ditawarkan pihak Google untuk menganalisa performa website Anda!

Penggunaan seperti ini tentu penting bagi banyak orang yang aktif di internet. Mulai dari pembuat konten, pengusaha online, pemilik website dan bahkan orang – orang yang mempelajari trend dan menganalisis hal seputar internet. 

Alat sejenis Search Console ini tentu ada banyak, tapi yang ditawarkan Google bisa dibilang sudah cukup dan tentunya gratis.

Penggunaan Google Search Console Console

Jika Anda ingin tahu lebih detail apa saja penggunaan tool ini, berikut adalah beberapa manfaat penggunaan GSC:

manfaat-menggunakan-google-search-console-1

✔ Memastikan Google dapat menemukan dan menganalisis website milik Anda. Jika ingin masuk mudah ke ranking Google, hal ini tentu penting diperhatikan.

✔ Memperbaiki masalah indexing dan permintaan indexing ulang untuk ranking Google Anda jika di website sudah ada content baru ataupun update dari content lama. Hal ini tentu penting untuk mendapatkan hasil ranking paling update jika website Anda selalu melakukan update.

✔ Mendapatkan informasi penting soal website Anda seperti Google search traffic, seberapa sering nama website Anda muncul di Google Search, kata kunci apa saya yang sering digunakan untuk mencari website Anda, seberapa sering user menekan hasil search untuk mengunjungi website Anda dan berbagai data lain yang bermanfaat.

✔ Memberikan peringatan dini jika Google menemukan masalah indexing, spam dan berbagai masalah SEO lain dari website Anda.

✔ Menampung list nama website lain yang menyimpan link untuk mengarahkan ke website Anda.

✔ Alat yang membantu Anda untuk troubleshoot hal seperti AMP, penggunaan di device mobile dan berbagai fitur Google Search lainnya.

Jika Anda merasa fungsi di atas adalah hal yang Anda cari untuk website Anda, jangan ragu lagi untuk menggunakan tool ini. Berikut adalah bahasan cara menggunakan Google Search Console!

Penggunaan Google Search Console Console

Bagaimana Cara Menggunakan Google Search Console?

Hal yang pertama kali harus Anda lakukan untuk menggunakan GSC ini adalah dengan mendaftar.

Langkah 1
daftar google webmaster tools

Untuk mendaftar, pergi langsung ke Google Webmaster Tools. Di sini, Anda akan masuk ke halaman menu untuk mendaftarkan website Anda. Di sini, Anda diberi pilihan mendaftarkan URL Domain ataupun URL Prefix. Tergantung dari status Anda sebagai pemilik website, Anda bisa sesuaikan diantara hal tersebut.

Langkah 2
veritifikasi-Google-Search-Consulw

Tahapan berikutnya, Anda perlu melakukan verifikasi bahwa Anda adalah pemilik website. Cara verifikasi ini ada banyak, mulai dari mengupload HTML file, menggunakan Domain Name provider, HTML Tag, GA Tracking Code dan bahkan menggunakan GTM container snippet. Jika sudah selesai prosesnya, Anda akan dihantarkan ke halaman menu inti GSC.

Dalam menu ini, Anda bisa mengatur kebutuhan filter search website Anda, melakukan filter data dalam range waktu tertentu dan tentunya melihat data Google seputar website Anda. Untuk penggunaan yang lebih detail, Anda tinggal pilih menu yang disediakan. Setiap menu memiliki judul yang jelas jadi Anda tidak akan bingung dalam penggunaanya.

Catatan Penting dalam Menggunakan Google Search Console

Bagi Anda yang tidak ingin menggali dalam seputar data website, Anda tentu tidak perlu tahu cara menggunakan Google Search Console. Bagi pemilik blog ataupun website kecil yang hanya untuk urusan pribadi, penggunaan GSC hanya akan menjadi beban merepotkan.

Tapi disisi lain bagi Anda yang ingin serius mengembangkan website Anda dan punya waktu dalam untuk analisis dan belajar data, GSC bisa jadi alat yang baik digunakan. Data dalam tool ini tergolong raw, jadi Anda perlu interpretasikan sendiri dan menyusun strategi dalam penggunaan datanya! 

join-channel-telegram-Vulkanik-SEO