Yuk Mengenal Kata Kunci Untuk Optimasi SEO Di Website Anda

Yuk Mengenal Kata Kunci Untuk Optimasi SEO Di Website Anda

Seiring berjalan waktu algoritma Google sampai saat ini terus menerus di update sampai akhirnya Anda pun bakalan “dimanjakan” oleh Google, kenapa? karena bagi kami, Google terus berusaha menampilkan informasi / website yang sesuai (relevan) terdapat di halaman pertama.

Misalkan saja Anda mengetik di Google “harga sablon” maupun ketik kata kunci lainnya maka Anda mendapatkan rekomendasi website yang terdapat halaman pertama, nah penting sekali ketika Anda memulai serius belajar SEO. Karena kesempatan Anda untuk memposisikan website di halaman pertama pada mesin pencarian.

apa Itu Kata Kunci

Apa Itu Kata Kunci

Pengertian kata kunci merupakan keyword atau kata kunci yang digunakan untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Ada juga kata kunci yang merupakan kata yang ditulis pada mesin pencari dan hasilnya pun terdapat beberapa website yang direkomendasi dan relevan dari mesin pencari itu sendiri.

Ciri-Ciri Kata Kunci

Lama-kelamaan Anda pun menyadari betapa pentingnya mempelajari kata kunci secara serius, yang kami sudah berikan contoh kata kunci.

Ada beragam ciri-ciri kata kunci yang Anda pahami, seperti:

Buying Keyword

Seperti apa jadinya jika Anda memiliki bisnis yang banjir order hampir setiap hari dan banyak sekali pengunjung yang tertarget pada website Anda, mau?

Jika seandainya Anda menggunakan kata kunci yang dimasukkan di artikel pada website Anda dengan ciri keyword ini, Insya Allah laris manis dagangan Anda.

Karena jenis keyword ini menghasilkan sebuah transaksi jual beli, contohnya saja Anda memiliki usaha fotografer. Anda gunakanlah kata kunci seperti:

  • Harga domain dan hosting
  • Jual theme wordpress
  • Jasa pembuatan website
  • Dan masih banyak lagi.

Asking Keyword

Ketika Anda menggunakan kata kunci dimasukkan konten untuk website, sah-sah saja! karena ciri keyword ini bersifat menanyakan sesuatu, tutorial, mencari pemecahan dari masalah.

Misalkan saja:

  • Apa itu hosting?
  • Cara membeli hosting dan domain?
  • Cara membuat website gratis dan mudah untuk pemula?
  • Dan lain-lain.

Seasonal Keyword

Keyword yang bersifat musiman yang berarti kata kunci bersifat ramai tertentu, misalkan saja:

  • Algoritma seo
  • Maupun lainnya.

Brand Keyword

Misalkan saja Anda mengetik kata kunci bermerek seperti “hosting Niagahoster”, “beli domain di Niagahoster”, “membuat website di WordPress” maupun lain-lainnya.

Ya, Anda tinggal masukkan kata lalu biasanya di akhir menyertakan nama merek atau variasi dari nama merek.

Ketahuilah terlebih dahulu, Anda akan menggunakan jenis keywords mana saja!

Riset Keyword

riset keywords

Apakah Anda sudah menentukan jenis keywords yang digunakan pada artikel untuk website Anda? apakah:

  • Keyword jualan
  • Keyword yang bersifat pertanyaan
  • Keyword musiman
  • Keyword merek

Anda boleh pilih semuanya maupun pilih salah satu ataupun misalkan Anda pilih 2 / 3, lalu sekarang waktunya riset kata kunci. Karena melakukan riset keyword itu memang penting sekali!

Tools Riset Keyword

Apa Anda ingin tahu tentang keyword tool gratis maupun versi berbayar? Maka Anda sebaiknya pahami terlebih dahulu kalau Anda melakukan riset kata kunci yang tepat, maupun ikhtiar lainnya. Insya Allah akan sukses melakukan SEO pada website Anda sendiri.

Oh ya yang Anda harus ketahui dalam melakukan riset keyword, Anda mendapatkan data acuan seperti:

Search Volume (Volume Pencarian)

Anda akan menemukan volume pencarian kata kunci ketika dicari di Google dalam kurun waktu tertentu.

Bayangkan saja ketika Anda menemukan kata kunci A dengan jumlah pencarian di atas 50.000, maka hampir setiap hari pengunjung website Anda trafficnya besar (berkisar di atas 3.000-an per hari).

Keyword Difficulty (Tingkat Kesulitan Keyword)

Setelah Anda melihat data Search Volume, Anda juga melihat juga data keyword difficulty yang berarti Anda bisa mengetahui seberapa besar tingkat kesulitan sebuah kata kunci.

Biasanya tiap keyword tool menggunakan skala 0-100, yang Anda harus perhatikan yaitu semakin besar angkanya, maka semakin sulit kata kunci menggapai posisi pertama hasil pencarian.

Anda bisa mengakali dengan cara lain yaitu memperbanyak backlink, kata kunci yang bervariasi (tentunya masih relevan) dan masih banyak lagi cara untuk website Anda tampil halaman pertama di mesin pencarian!

Keyword Suggestion (Saran Kata Kunci)

Lebih enaknya lagi ketika Anda menggunakan tools riset kata kunci baik gratisan dan berbayar (premium), maka Anda mendapatkan data keyword suggestion yang berarti Anda mendapatkan saran kata kunci yang masih relevan dengan kata kunci utama yang Anda cari.

Pada umumnya keyword suggestion itu disebut long tail keyword, yang berarti Anda menemukan kata kunci terdapat tiga kata maupun lebih. Tenang saja, kami akan menjelaskan caranya untuk mendapatkan saran kata kunci (long tail keyword).

Maupun CPC, position dan masih banyak lagi data-data yang menarik dan Anda mengatur apa saja strategi seo yang baik.

Berikut ini tools untuk riset keyword yang sering kami gunakan, yuk Anda sekarang juga gunakan dan praktekkan ya!

Ubersuggest

ubersuggest keyword tools

Yang merupakan keyword tool yang dimiliki digital marketer ternama, Neil Patel. Tahukah Anda tool ini memang gratis dan cara penggunaan pun memang mudah sekali!

Coba Anda bayangkan saja, hanya perlu mengetik keyword apa yang ingin gunakan lalu wilayah yang ingin Anda targetkan dan langsung klik Search.

Google Trends

google trends

Pada bagian ciri-ciri kata kunci, yang kami sudah jelaskan beberapa jenis keywords. Salah satunya yaitu keyword musiman, dengan memanfaatkan Google Trends maka Anda mendapatkan data pembanding misalkan tren saat ini maupun selama 3 bulan lalu dan lain-lain (yang Anda bisa ubah waktunya)

Ahrefs

ahrefs

Tahukah Anda Ahrefs seringkali disebut salah satu SEO tools yang terbaik dan paling banyak para pemain SEO, kenapa? Selain bisa intip kata kunci yang digunakan kompetitor, Anda bisa melihat backlink baik website Anda sendiri maupun website lainnya (kompetitor).

Bayangkan saja ketika Anda melihat data-data seperti berapa jumlah pencariannya, maupun potensi trafik dan ada pula posisi keyword pada website kompetitor di mesin pencarian.

Jujur saja, kami lebih sering menggunakan 3 tools untuk melakukan riset kata kunci secara tepat.

Cek Persaingan Keyword Secara Mendasar

Hampir setiap orang memiliki cara tersendiri untuk melihat cara melihat persaingan keyword, maka dari itu kami akan sharing agar website Anda menang.

Cobalah Bersaingan Dengan Tingkat Persaingan Rendah Dahulu

Ketika Anda memiliki website baru kami menyarankan untuk cobalah menggunakan kata kunci dengan persaingan rendah dulu.

Oh ya tingkat persaingan keywords memang dibagi menjadi 3:

  1. Low – Ringan
  2. Medium – Sedang
  3. High – Tinggi (Sulit).

Cek Juga Kondisi Website Kompetitor

Yang menjadi pertanyaan adalah, ada apa saja yang Anda harus memantau web kompetitor?

  • Seberapa bagus dalam menulis konten?
  • Menggunakan apa theme yang kompetitor gunakan?
  • Jumlah kata-nya berapa?
  • Berapa gambar yang dimasukkan?
  • Apakah memiliki backlink berkualitas?, kalau iya berapa banyak?

Praktekkan Dan Selalu Evaluasi

Ketika Anda menentukan kata kunci menggunakan kata kunci tertentu lalu Anda juga cek persaingan, silahkan Anda mempraktekkan dan tentunya setiap minggu evaluasi ya.

google analytic

Kesimpulan

Tiga tools riset keyword baik berbayar maupun gratis, Anda boleh gunakan sekarang juga! Yang pasti sebelum Anda membuat konten, alangkah baiknya Anda riset kata kunci dahulu.

Ngomong-ngomong, baik search volume, keyword difficulty maupun lain-lainnya data yang tampil pada tool keyword research menjadi bahan acuan ya.

Jadinya Anda mengatur strategi, sampai akhirnya Anda menemukan cara agar blog muncul di google paling atas.

Demikian artikel mengenai kata kunci untuk optimasi website Anda, menggunakan cara SEO dan semoga bermanfaat.

Secara berkala juga, Vulkanik SEO juga memberika tips-tips Search Engine Optimization dan ilmu-ilmu Internet Marketing yang berkaitan dengan SEO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *